Selasa, 07 Februari 2023

KAJIAN MERDEKA BELAJAR: Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Mengajar

 

Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Mengajar

Oleh: Syafa'atul Khusna

Senin, 6 Februari 2023



Seperti yang telah disampaikan oleh sahabati Reza Mahdafi pada kajian kali ini tentang Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar.

20 tahun terakhir pendidikan Indonesia mengalami Krisis Pendidikan dalam hal literasi dan numerasi, hal ini diperparah dengan adanya Covid-19, untuk menanggapi permasalahan Covid-19 ini, maka dibentuk kurikulum darurat yaitu penyederhanaan dari kurikulum 2013, agar mempermudah pelaksanaan pembelajaran daring. 

Kurikulum darurat menjadi Langkah awal adanya kurikulum merdeka belajar. Menghasilkan beberapa perubahan arah kurikulum yaitu:

1. Struktur kurikulum yang lebih fleksibel, jam pelajaran ditargetkan untuk dipenuhi dalam satu tahun

2. Fokus pada materi yang esensial, Capaian Pembelajaran diatur per fase, bukan per tahun

3. Memberikan keleluasaan bagi guru menggunakan berbagai perangkat ajar sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik

4. Aplikasi yang menyediakan berbagai referensi bagi guru untuk dapat terus mengembangkan praktik mengajar secara mandiri dan berbagi praktik.

Kurikulum merdeka memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

1. Lebih sederhana dan mendalam

2. Lebih merdeka: 

    a. Peserta didik: Tidak ada program peminatan di SMA, peserta didik memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya.

    b. Guru: Guru mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

    c. Sekolah: memiliki wewenang untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik.

3. Lebih relevan dan Interaktif: Pembelajaran melalui kegiatan projek memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu actual misalnya isu lingkungan, kesehatan, dan lainnya untuk mendukung pengembangan karakter dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila.

Selain itu, penerapan Kurikulum Merdeka juga didukung oleh Platform Merdeka Mengajar. Platform Merdeka Mengajar membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman untuk menerapkan Kurikulum Merdeka.

Adanya kurikulum merdeka belajar untuk menyelaraskan sistem pendidikan di Indonesia. Adapun yang dimaksud merdeka, menurut kami belum menciptakan kemerdekaan yang sebenarnya. Sekolah alternatif lebih memberikan kemerdekaan dalam cara belajar dsb. Namun pendidikan ini bukan hanya untuk memajukan atau untuk bersaing secara nasional, namun juga secara internasional maka perlu adanya ilmu pengetahuan dasar yang diajarkan pada sekolah formal. 



Previous Post
Next Post

0 komentar: